Rangkuman bab 9 Praktik Lintas BIdang Samuel Mikael Kartawinata 8A


PRAKTIK LINTAS BIDANG





Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari bab ini, kami mampu untuk mengembangkan dan menggunakan abstraksi untuk membangun model komputasional, mengembangkan artefak komputasional, dan melakukan pengujian serta menyempurnakan artefak komputasional dengan membuat media interaktif lempeng tektonik dan mesin penghitung uang koin.


A. Media Interaktif Lempeng Bumi

Bumi bagian terluar terbentuk dari dua lapisan, yaitu litosfer yang terdiri atas kerak bumi dan mantel bumi. Di bawah litosfer, terdapat astenosfer yang berbentuk padat, tetapi bisa mengalir seperti cairan dengan kecepatan yang sangat lambat. Lapisan litosfer terdiri atas lempeng-lempeng teknotik (tectonic plates). Bumi memiliki 7 lempeng utama. Lempeng-lempeng litosfer yang menumpang di atas astenosfer bergerak relatif satu dengan yang lainnya di batasbatas lempeng sehingga lempeng saling menjauh, bertumbukan, ataupun menyamping. Gempa bumi, aktivitas vulkanik, pembentukan gunung, dan palung laut pada umumnya terjadi di daerah sepanjang batas lempeng.

Aktivitas ini akan mengembangkan media interaktif untuk menjelaskan lempeng-lempeng bumi. Media interaktif akan berupa peta dunia yang akan dicetak dan diberikan lapisan plastisin sepanjang lempeng yang ketika disentuh akan memberikan informasi tentang lempeng tersebut dalam bentuk narasi teks dengan suara

Langkah-Langkah 

1. Siapkan gambar/poster tentang lempeng bumi pada satu lembar kertas. Poster dapat berupa gambar tangan ataupun gambar yang dicetak (print) dengan kertas. Gambar 9.2 Lempeng Tektonik Bumi 

2. Pasang plastisin pada setiap batas lempeng yang akan diberikan penjelasan. Ada lima lempeng utama yang dijelaskan, yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, Lempeng Afrika, Lempeng Antartika, dan Lempeng Amerika Selatan. Lempeng Eurasia Lempeng Afrika Lempeng Pasifik Lempeng Amerika Utara Lempeng Antartika Gambar 9.3 Plastisin yang ditempelkan pada gambar lempeng tektonik bumi. 

3. Selanjutnya, bukalah bahasa pemrograman Scratch, kemudian lakukan perekaman suara narasi teks untuk penjelasan lempeng. Carilah penjelasan-penjelasan dari sumber yang dapat dipercaya.

Contoh Naskah deskripsi tentang Lempeng Pasifik seperti berikut. “Lempeng Pasifik diperkirakan berukuran 103.300.000 km². Ditemukan di bawah Samudra Pasifik, dan ini merupakan lempeng tektonik terbesar. Sebagian besar Lempeng Pasifik terdiri atas kerak samudra, dengan pengecualian wilayah di sekitar Selandia Baru dan sebagian California. Sifat Lempeng Pasifik terutama ikut andil dalam pembentukan Kepulauan Hawaii. Kepulauan Hawaii awalnya gunung api yang naik di atas permukaan air selama jutaan tahun yang kemudian membentuk daratan.” Rekam suara dengan fitur voice recorder pada Scratch.

B. Mesin Hitung Uang Coin

Aktivitas ini dilakukan untuk mengembangkan artefak komputasional berupa mesin hitung uang koin yang dibuat dengan bahan kardus, rangkaian elektronis yang terhubung dengan Makey Makey dan komputer, dan mengembangkan programnya dengan bahasa Scratch.

Apa yang di perlukan? 

1. Komputer/laptop yang telah terpasang browser dan USB port 

2. Papan sirkuit elektronis Makey Makey 273 Bab 9 Praktik Lintas Bidang 

3. Perangkat lunak Scratch 

4. Kabel dan klip buaya 

5. Klip kertas (paper clips): 4 buah 

6. Uang logam/koin (Rp1000, 500, 200, 100) 

7. Kotak bekas (dengan tutup): 1 buah, Lem 

8. Aluminium foil


Langkah-langkah


Buatlah kotak tempat penyimpan uang koin sesuai dengan gambar diatas.

a. Buatlah potongan kardus yang digunakan sebagai pembatas ruang kecil untuk tempat meletakkan uang, dan letakkan pada tempat yang sesuai. 
b. Buatlah teks keterangan pada kertas dan label untuk setiap koin yang akan digunakan. Tempelkan di bagian tutup bagian dalam kardus. Berikanlah warna label yang berbeda untuk koin yang berbeda
c. Masukkan klip kertas dengan menembus karton pada setiap label koin, rekatkan klip kertas dengan karton pada bagian belakang menggunakan lem cair atau isolasi plastik sehingga lebih kuat.
d. Tempelkan koin pada label keterangan sesuai dengan nilainya.

a. Sambungkan Makey Makey dan klip kertas pada kotak penyimpan uang, dengan aturan seperti berikut. 
Klip pada koin Lubang pada Makey Makey Rp. 1000 
Panah Turun 
 Rp. 500 Panah Naik 
 Rp. 200 Panah Kanan 
 Rp. 100 Panah Kiri
 Alumimium Foil Ground 

b. Lekatkan aluminium foil yang telah tersedia pada bagian lain dari kardus. Aluminium foil ini digunakan sebagai ground/bumi dari peralatan Makey Makey. Antarmuka Makey Makey dan kotak penyimpan uang koin tampak pada gambar berikut ini.  

Buatlah program untuk menghitung nilai uang yang dimasukkan ke dalam kotak penyimpan. 
a. Buatlah program dengan bahasa pemrograman Scratch, yang terdiri atas lima sprite, sebagai berikut. 1) Sprite Awal Gunakan blok variabel, buatlah lima variabel, Total, Seribu, LimaRatus, DuaRatus, Seratus.  Block Variables Kode untuk Sprite Koin 1000 (a) Tambahkan Extension Makey Makey. (b) Tambahkan pada kode, blok When Key Pressed dari extension Makey Makey. (c) Pilih tombol down arrow/panah bawah pada blok When Key Pressed. (d) Tambahkan blok variabel change by, dan atur variabel Seribu bertambah nilainya sebanyak 1000. (e) Tambahkan blok wait seconds, dengan mengisi waktu jeda 1 detik. (f) Tambahkan blok variabel change by Total bertambah sebanyak 1000.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ringkasan bab 7 algoritma dan pemrograman Samuel Mikael Kartawinata 8A

Tugas Pertemuan Kedua Samuel Mikael Kartawinata 8A absen 32